Rabu, 02 Mei 2012

SHARING NOVEL NETWARE

Novell Netware Server adalah sebuah server  yang melayani user  untuk berbagai keperluan  mulai dari  meng acces data, file sharing, Print Server, Xbase Server dan lainnya

Proses installasi Server Novell  bisa dibilang gampang-gampang susah, karena tidak semua driver sudah ada dalam ISO file master,  misal untuk Network (NIC) dan Storage (hardisk interfacenya). Pada saat proses installasi, kita perlu masukkan beberapa parameter diantaranya bahasa yang digunakan, Storage device, nic driver, protokol, Tree name, Context name, dan Server name.

Jika kita hanya akan menggunakan server untuk program aplikasi, lebih baik diinstall systemnya saja, sehingga server tidak terlalu berat.  setelah proses installasi selesai, restart server, dan siap untuk di configure.

Novell Server merupakan Dedicate server, yang mana hanya menyediakan interface untuk pengaturan dan konfigurasi ke Client, untuk komunikasi bisa menngunakan Protocol ip atau ipx. Saya lebih dominan menggunakan IPX karena didalam server tersebut kita simpan Program yang dibuat dari Clipper, dan di Compile menjadi satu file Exe. untuk manajemen database nya saya menggunakan Xbase. Server ini sangat stabil dibanding dengan server lain, dari sisi Pengolahan data. karena masih berbasis dos, sehingga program akan berjalan sangat cepat. database yang disimpan pun relatif kecil, karena hanya text dan dbf file yang saya simpan di server. Tampilan dari server novell ini juga sangat simple, tetapi untuk versi 6.5 tampilannya sudah lebih bagus dari server lain.

fitur di Novell server :

·         Capture

Capture digunakan user untuk mengakses printer yang terdapat pada printer server. sebelum bisa di Capture, sebuah printer Server harus di buat untuk menampung Printer-printer yang nantinya bisa diakses user lain. Prinsip capture adalah me router Lpt1 lokal ke Printer Queue yang ada di printer server.

·         Nwadmn32

Nwadmn32 sebuah exe yang ada di directory public, yang berfungsi untuk netware Administrator, mulai dari Create user, Trustee user, Create Printer server, create Organisasi Unit, dan semua rule-rule yang akan kita terapakan ke semua user yang ada di server Novell.  Nwadmn32 berbasisi WIndows Interface, bisa dijalanka di Windows 2000, xp.

·         Netadmin

Netadmin merupakan Netware administrator sama halnya dengan nwadmn32, tetapi Netadmin berbasis DOS. ada beberapa kekurangan dari Netadmin, diantaranya kita tidak bisa membuat Printer server dari Netadmin.

·         Nprinter

Nprinter merupakan satu exe yang berfungsi untuk me loading Printer, yang nanti akan di includekan kedalam printer server. sehingga printer tersebut bisa diakses oleh user lain.

·         Map Drive

Map Drive berfungsi untuk maping directory yang ada diserver,dengan trustee / security folder yang telah kita tentukan sebagai administrator Novell server.

1 komentar:

  1. kenapa kok novell ku proses srinking extended directory? terus berapa lama proses karena aku tunggu agak lama

    BalasHapus